Rabu, 24 Mei 2017

Secondtough Semester

          Hi people! Alhamdulillah kali ini gue bisa nulis lagi di blog setelah kurang lebih 4 bulan vakum dari sini :') tau kenapa? Iya, karena semester 2 yang sangaaaaat hectic ini. So, let me explain and recount the moments that I had in this second semester.


First thing first
          Awalnya gue tau kalo semester ini emang bakal sibuk banget karena udah diperingatin sama kating-kating atas, katanya "paling kaget" "emang semester 2 tuh parah banget" dan lain-lain. Nah gue di SMA yang notabenenya banyak tugas merasa biasa aja sih, paling cuma beda dikit lah sama yang di SMA, pasti gue bisa ngatur waktu. Ya gue mikirnya gitu aja..


When Praktikum Started
           Praktikum dibagi beberapa plug, 1 plug isinya 12-14 orang. Praktikum pertama itu Praktikum Mineralogi Petrologi dimana masih awam banget kita untuk mengidentifikasi mineral zzz tapi akhirnya bisa sih atas bantuan para asdos. Nah, jadi sistem praktikum semester ini, kita H+2 abis praktikum udah harus selesai ngerjain dan di konsulin ke 3 asdos, terus H-2 hari praktikum harus udah dapet acc dari 3 asdos tersebut. Bayangin men, 3 asdos, kalo 3 asdos revisi semua harus balik ke 3 asdos itu, kalo masih revisi lagi yaa... matilah ngejar-ngerjar terus. Gue sebagai yang tahu diri dan emang udah ngejadwalin agenda gue, udah siap dari H+1 sampe gue begadang ngerjainnya, sedangkan temen 1 plug belum pada siap dan disitu dimana gue diuji sampe gue marah-marah terus :') Sorry ya guys... Tapi bener aja kita INHAL untuk praktikum acara pertama! Wkwkwkwk  udah mana ada ada Praktikum Kartografi dan Perpetaan juga kan, disitu bener-bener manajemen waktu kita ancur banget mungkin karena shock baru pertama kali praktikum dan masih disuruh buat supporteran di tempat jauh di Jogja sana dan banyak tragedi lainnya sampe kita baru pulang jam 2 malem dan lain-lain. Bingung juga gimana kan... Paling inget waktu mau nonton supporteran gue ketemu saudara-saudara yang lain di fotokopi, pas gue liat si fira dia tiba-tiba nangis sambil bilang "Iiiiiih aku karto belum, minpet belum.. mau nangis aja" dan dia nangis di depan fotokopi bersama anak-anak lainnya WKWKWKWK
          Oiya, FYI jadi Mineralogi Petrologi (minpet) itu kita dapetin di semester 2 ini baik praktikum maupun kelas dan itu salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil. Minpet ini mempelajari mengenai mineral dan batuan, kita belajar dari mulai mengidentifikasi sampai bagaimana gambaran umumnya si mineral/batuan itu dapat terbentuk. It turns out to be my favorite!! Sumpah seru banget subject ini tuh gak ngerti lagi, palingan yang susahnya tuh kalo ngerjain praktikum harus dapet sumber yang jelas gak boleh dari internet asal gitu, padahal kadang nyari yang kita mau tuh susah kalo di buku. Tapi bener deh matkul ini ngajarin gue untuk 'membayangkan' bagaimana si batuan dapat terbentuk dan proses apa saja yang terjadi pada si batuan sampe dia bisa kaya gitu. 
        Nah kalo Kartografi dan Perpetaan (Karto), tau sendiri kan dari namanya itu pasti mengenai peta. Disini kita diajarkan untuk mengidentifikasi, menganalisis sampai membuat peta. Praktikum ini makan banyak waktu banget tapi emang berfungsi banget sampe skripsi. Actually I feel like I nailed this praktikum, walaupun gue gak terlalu tertarik karena ada kontur. Nah kontur itu apasih? Pokoknya dia adalah garis khayal yang menyambungkan titik ketinggian yang sama di peta. Bikinnya harus jeli banget nget nget sampe kayaknya mata gua minusnya nambah deh nih. Pokoknya segala hal tentang peta kita belajar disini.


Dalam Perjalanan
          Dalam perjalanan tentunya gak mulus, banyaaaaaak banget kejadian yang saking bikin hecticnya malah sampe lupa kunci dimana, helm dimana, pokoknya semuanya tuh jadi kacau. Sampe pernah gara-gara acara ketiga karto yaitu generalisasi peta dan kita disuruh buat 8 peta.. bayangin 8 peta. Peta gue gak simple sama sekali alias banyaaaak banget komponen di dalamnya itu harus ngerjain  dalam waktu 5 hari sampe gue begadang dan nge skip kelas karto sehari wkwkwk pokoknya disitu suara gue bener-bener abis selama seminggu. Bener-bener kaya dikuras tenaga gue buat ngerjain peta tersebut biar gue gak inhal. Sampe orang-orang kasian ngeliat suara gue dan nyuruh gue diem :'). Momen paling precious adalah ketika gue, Lady & Mia bikin jahe dan kita literally bikin dan minum tuh jahe yang rasanya enak banget. Alhamdulillah untuk acara-acara selanjutnya sampe acara ke 6 buat karto, dan acara ke 9 buat minpet lancar lah, walaupun gue gak inget itu pasti ada kendala tapi yang penting udah dilaluin.



Acara Lapangan
          Nah ini yang ngebedain FTM UPN sama universitas lain, kita selalu ada lapangan, makanya dijuluki 'anak UPN jago di lapangan'. Bener gak sih sebenernya? Bener banget sih menurut gue :"). Ketika anak kebumian lainnya di semester 2 masih gimana gitu, gue merasa ahead of them yet practically and mentally because it is. Lapangan karto adalah lapangan pertama dimana gue ngerasa awam dan lemah.... serius. Kita dikasih waktu dari jam 9 sampai jam 2 buat memetakan wilayah 100x100 meter. Gue sekelompok sama 4 orang lainnya, jadi sama gue ber5

  • Jam 7 kita udah berangkat ke lokasi, lokasinya di kecamatan Prambanan
  • Kita dikasih koordinat dimana kita bakal ngelakuin pemetaan topografi
  • Kita nyari koordinat pake kompas. Disini hal yang paling 'the fudge' karena medannya emang kampret, alias kita harus menerjang apapun itu untuk nyampe koordinat. Buat nyari koordinatnya aja susah karena kita salah jalan malah ngambil yang susah, ini beneran gue udah pesimis banget yang lain udah mulai ngelakuin apa yang mereka perlu lakuin dan udah sampe 11 titik meanwhile kita 0
  • Akhirnya sampe di dalam koordinat dan kita ngelakuin pemetaan
  • Pas liat medannya (ada jurang, sungai, pohon berduri) dll wallahu alam disitu udah siap aja
          Balik dari lapangan gue gak telat dong *yippie* tapi harus merelakkan makan siang yang kita makan di tempat peristirahatan, karena gue mikirnya gamau lah sampe telat, padahal pas balik baru ada 1 kelompok dan yang lainnya pada telat, sampe ada yang baru selesai jam 4 dong.. Yaudah tau sendiri kan pasti dimarahin. Dari lapangan 1 ini gue belajar banyaaaaaaaaaaaaaaaaaak banget, like seriously. Gue bangga sama diri gue sendiri, sama kelompok gue, sama anak TL, sama semuanya. Dari yang gue pikir gue gak sekuat itu, gue ternyata bisa. Gue dan kelompok juga bisa loh ngatur waktu buat ngelakuin pemetaan dan hasilnya akurat :") walaupun katanya di Kuliah Lapangan bakal metain berkilo-kilo dan cuma sama 3 orang wkwkwkwk gue bangga............. Oke skip, narsis banget. Lapangan Karto 2 lancarrr, lapangan minpet yang paling gue suka juga lancarrrr alhamdulillah. Di lapangan karto 2 kita melakukan pemetaan penggunaan lahan dan satuan batuan dari wilayah 100 x 100 meter yang kemarin juga.





Penjilidan dan Responsi
          Ini adalah pertama kali dimana gue hectic banget kalo kata si Anita wkwk, karena perkelompok, ngerjain perkelompok emang susah kalo ritme ngerjainnya beda-beda :') and pretty much I handled everything (Gapapa deh jadi lebih ngerti yakan *menghibur diri*). Pas mau penjilidan karto berjalan dengan lancar walaupun formatnya salah terus jadi ngabisin duit soalnya ngulang print banyak banget -_-
          Lalu hadirlah minpet yang H-1 baru pada hectic dan besoknya responsi jam 7 WKWKWK the fudge banget deh ini gue pusing 7 keliling. Dari sore udah mulai ngerjain acara lapangan. Minta acc laporan resmi jam 1 udah ke UNY taunya jadinya di deket UPN. Pas balik gue sama rina nyium bau kemenyan yang sangat menyengat di jalan.. :"). Lalu gue bingung soalnya belum dapet acc 1 asdos tapi kalo gak buru-buru gabakal dapet penjilidan. Akhirnya jam 2 Uyun nemu dan gue bisa disitu ngejilid, padahal tadinya udah nyari-nyari sampe UIN dan semua fotokopi tutup! Akhirnya gue nginep di fotokopi sambil ngerjain ppt dan ngerjain yang perlu disempurnain sebelum dijilid. THAT MOMENT WAS LITTTT wkwkwkwk bener-bener gak ada kata tidur selama 36 jam terus besoknya responsi (presentasi, tanya jawab, wawancara dan tes tulis). Alhamdulilah responsi minpet dan karto gue lancarrrr gaada pake dibanting, digebrak meja dan disuruh keluar. Thanks God I finally passed.



          Dari semester ini gue belajar banyak, untuk tidak egois, merangkul saudara-saudara, mengatur waktu dengan baik, memilih keputusan terbaik, sabar, mengenal saudara lebih dekat, mengetahui karakter mahkluk hidup yang ada di TL, menghindari kecerobohan, belajar hemat, dan masih banyak lagi. Oiya, kita juga udah dapet korsa (komandan satu rasa) loh :") Pokoknya semester ini menyatukan kita, dan gue seneng bisa dapet semua ke hectican, kesedihan, kesenangan, persahabatan di semester ini. Terima kasih everyone!!!! :))


THIS SHALL TOO PASS




2 komentar: